Selasa, 15 November 2016

perbandingan antara Premium, Pertamax pada mobil avanza

A. Pengertian Premium
Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya RON 88. Adapaun spesifikasi dari premium itu sendiri adalah : menggunakan tambahan pewarna dye, mempunyai Nilai Oktan 88, dan menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.

B. Pengertian Pertamax
Pertamax adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).
1.    Uji Coba pertamax dan Premium dari rumah ke kampus gunadarma j1 (fuel tank)
Rasio konsumsi bahan bakar premium

Rasio konsumsi bahan bakar pertamax


C. kelebihan dan kekurangan pertamax

  • Kelebihan Pertamax
  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.
  • Kekurangan pertamax
  1. Sebenarnya sih kalau dilihat dari wacana di atas kekurangannya hanya satu dan sepele, yakni harganya lebih mahal dibandingkan dengan premium. Akan tetapi dengan kelebihan yang didapat maka tidak jadi masalah dengan harga yang terpaut sedikit.
Kesimpulan
Setelah melakukan uji coba terhadap 4 jenis bahan bakar, berikut ini adalah penilaian perbandingan dalam bentuk tabel:
Tabel perbandingan 4 bahan bakar yang diuji coba

sumber : http://www.harjasaputra.com/opini/iptek/perbandingan-premium-pertamax-pertamax-plus-dan-shell-v-power.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar