Senin, 27 Oktober 2014

tugas ISD (proses sosial )

Tugas : Analisis proses sosial dilingkungan rumah kalian dan ceritakan kedalam tulisan  minimal 2 halaman (boleh disertakan foto pendukung)
·        Manusia adalah makhluk sosial. Apa yang dimaksud dengan makhluk sosial? Yang dimaksud makhluk sosial adalah manusia membutuhkan manusia lain untuk melanjutkan hidup mereka. Dengan kata lain mereka memiliki keterikatan saling membutuhkan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Contoh sederhana nya adalah kita membutuhkan nasi sebagai makanan pokok kita orang Indonesia, tetapi nasi tidak begitu saja jadi. Nasi mengalami beberapa proses agar menjadi nasi, nasi berasal dari beras, beras berasal dari padi dan padi yang biasa ditanam oleh para petani. Jadi secara tidak langsung kita membutuhkan petani supaya kita dapat makan.jadi ,kesimpulannya adalah kita semua pada hakikat nya saling membutuhkan satu sam yang lainnya.
Kali ini saya akan menceritakan tentang proses sosial dilingkungan sekitar rumah saya :
·        proses sosial dilingkungan rumah saya berjalan dengan baik dan punya agenda/kegiatan yang sudah terjadwalkan dengan baik.
setiap minggu pasti diadakan kerja bakti bersama dari bapak-bapak ,anak remaja ,bahkan anak kecil pun ikut dalam kegiatan ini ,entah itu untuk membersihkan selokan yang sudah penuh dengan sampah ataupun dalam hal memperbaiki infrastruktur jalan yang sudah mulai rusak .
kaum ibu pun ikut andil dalam hal ini , yaa walaupun tidak ikut turun kelapangan seperti kaum laki-laki .namun ,kaum ibu  hanya membantu dalam hal mempersiapkan makanan dan minuman saja.

Namun akhir-akhir ini kerja bakti yang tadinya rutin diadakan setiap 1 minggu sekali kini mulai menjadi 1 bulan sekali ,seiring berjalannya waktu, semangat kebersamaan nya pun lambat laun mulai terkikis dan mulai memudar, hal itu disebabkan oleh kesibukan masing-masing tiap orang  dari yang bekerja,sekolah,maupun kesibukan yang lainnya.

Selain faktor dari kesibukan tadi, faktor pergantian kepengurusan RT/RW pun juga ikut andil dalam perubahan semangat  warga dalam hal kerjabakti tersebut.

Saya pun juga merasakan perubahan tersebut ,semenjak saya kuliah saya sibuk sekali dengan aktivitas dan tugas-tugas kampus yang segudang itu ,dari berangkat pagi sampe pulang malem,jam tidur yang tidak teratur sampai dengan hari yang seharusnya dikhususkan untuk beristirahat,sekarang  digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kampus itu.
Maka dari itu saya dan anak-anak remaja disekitar lingkungan saya membuat suatu organisasi .
Dalam organisasi yang terdiri dari anak muda itu ,kami memberikan sebuah aspirasi  atau gagasan/ide kami dalam hal kegiatan yang ada di sekitar  lingkungan rumah saya.kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antar warga di sekitar lingkungan rumah saya.dalam event event / tanggal tanggal tertentu organisasi yang saya bentuk dengan teman teman saya mengadakan kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi warga disekitar lingkungan kami.tapi setelah berganti kepengurusan organisasi yang kami bentuk dahulu mulai tidak efektif lagi,dan sekarang tidak ada satupun kegiatan kegiatan seperti dahulu ,dikarenakan kesibukan dan kurang nya ide kreatif pada kepengurusan yang sekarang.
Sekian penjelasan saya tentang proses sosial dilingkungan rumah saya .semoga bermanfaat untuk kita semua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar